Cara Menjaga Bisnis Agar Survive Saat Wabah Covid-19 Virus Corona - PropertiGue.com - Marketplace Jual Beli Properti di Indonesia

Cara Menjaga Bisnis Agar Survive Saat Wabah Covid-19 Virus Corona

15 April 2020 | propertigue

Wabah Covid-19 Virus corona yang menyerang di berbagai negara saat ini termasuk Negara Indonesia memiliki dampak yang besar di berbagai sektor, dari sektor kesehatan, sektor ekonomi, sektor sosial dan juga sektor bisnis, salah satunya pada bidang perekonomian yang paling terdampak. Saat ini pemerintah Indonesia memberikan kebijakan work from home (WFH) dan diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Memang wabah covid-19 atau virus corona ini menjadi tantangan besar bagaimana menjaga bisnis agar tetap survive, karena sudah banyak bisnis yang mulai menutup bisnisnya seperti sektor ritel. Alasan karena bisnis yang belum bisa beradaptasi dengan sistem work from home. Nah untuk itu Kami sudah merangkum tentang beberapa cara agar Bisnis bisa Tetap Bertahan dan Survive.

Menjaga Bisnis Tetap Survive disaat Wabah Covid-19

1. Memaksimalkan Visi dan Misi

Dalam keadaan seperti saat ini untuk menjaga bisnis agar tetap survive memang tidaklah mudah. Untuk itu Anda sebagai pebisnis harus selalu berpegang pada visi dan misi bisnis yang sudah dibuat. Jika memang visi belum bisa tercapai, Anda cukup merevisi strategi bisnis bukan visinya yang dirubah. Apabila visi sampai diubah menandakan bisnis Anda tidak konsisten sehingga tujuan bisnis menjadi tidak jelas.

Perlu diketahui bahwa visi adalah gambaran tentang masa depan suatu bisnis, mudahnya visi ini adalah cita-cita yang akan dicapai bersama. Sedangkan misi adalah apa saja yang dilakukan guna meraih visi. Visi berisi langkah, cara, dan strategi untuk mencapai Tujuan sebuah bisnis

2. Ingat Goal bisnis

Setiap bisnis pasti memiliki goal masing-masing. Agar bisnis Anda bisa terukur dan jelas, sangat penting untuk membuat target-target pencapaian dalam bisnis. Dengan memiliki goal, bisnis bisa berjalan lebih terfokus dan terarah. Pada saat wabah covid-19 atau virus corona seperti sekarang ini, untuk mencapai goal bisnis pastilah sulit. Untuk itu Anda perlu merevisi strategi bisnis yang sudah berjalan sebelumnya yang tidak relevan jika diterapkan pada masa sekarang ini, karena kondisi saat ini adalah kondisi extreem, maka cara atau strategi yang dilakukan juga harus extreem.

3. Meriset Strategi Bisnis

Pada saat ini untuk Menanggulangi Wabah Covid-19 atau Virus Corona Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sudah Banyak yang Memperlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), hal ini tentunya akan Mengganggu aktivitas Kerja ataupun Aktivitas Bisnis

Tentunya saat ini Strategi bisnis yang tepat untuk dijalankan pada saat wabah corona menyerang agar tetap survive adalah dengan mengandalkan media online atau internet. Untuk itu Anda perlu menggunakan media online seperti jejaring sosial facebook, marketplace facebook, instagram dan semua media toko online guna menjadi fasilitas pemasaran bisnis anda. Silahkan riset terlebih dahulu marketing online lewat media apa saja yang terbukti paling efektif untuk bisnis Anda dan produk apa saja yang saat ini paling diminati oleh para konsumen.

Dengan menggunakan strategi bisnis yang tepat, bisnis Anda akan tetap bisa survive di tengah wabah corona saat ini. Apabila bisnis Anda saat ini belum memiliki website untuk menjalankan bisnis secara online, Kami memiliki rekomendasi bagi Para Pelaku Bisnis Developer Properti atau Sales Properti atau Agen Properti, kalian bisa Memanfaatkan Marketplace PropertiGue.com atau di Situs Jual Beli Rumah Online untuk Memasarkan Properti, Rumah, Tanah, Ruko, Samapi Apartemen di Marketplace Properti Gue ini

4. Belajar ilmu Bisnis Digital Marketing

Banyak sumber materi yang bisa Anda gunakan untuk upgrade skill bisnis, baik itu secara gratis maupun berbayar. Terutama Anda perlu memperdalam ilmu pemasaran online seperti Search Engine Optimization (SEO), Content Marketing, Copywriting, Social Media Marketing, Email Marketing, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, Teknik Handling Buyer, WhatsApp Bisnis dan lain sebagainya.

Kami punya Rekomendasi untuk anda yang ingin Belajar Digital Marketing Secara Gratis di WSPropertindo, disana anda akan Mendapatkan Pelatihan Digital Marketing secara Lengkap dan Juga akan Mendapatkan Pendampingan untuk Menjadi Marketing Properti, Segera raih Kesempatan Peluang Usaha ini. Untuk Pendaftarannya, anda bisa Klik Link ini, DAFTAR MARKETING FREELANCE

5. Kembangkan Inovasi dan Kreativitas

Inovasi dan kreativitas menjadi salah satu hal yang penting agar bisnis bisa survive seperti saat sekarang ini.  Sebagai seorang pebisnis dituntut untuk selalu melakukan inovasi dan bertindak kreatif dengan mengikuti perkembangan zaman.

Perlu diketahui bahwa inovasi adalah kemampuan mencari solusi kreatif terhadap masalah dan peluang yang sedang dihadapi untuk meningkatkan kinerja bisnis. Sedangkan kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide-ide segar dan cara baru untuk menghadapi masalah dan peluang dalam bisnis, karena seorang pebisnis harus pintar membaca dan mencari peluang dalam kondisi apapun

6. Menjalin Komunikasi Dengan TIM

Sesuai anjuran dari pemerintah tentang working from home dan peraturan pemerintah mengenai PSBB, Anda sebagai tim harus tetap menjaga komunikasi yang solid. Komunikasi memiliki peranan penting dalam segala bidang, termasuk bisnis. Dalam suatu pekerjaan tim tidak mungkin hasilnya baik jika tidak ada komunikasi antar tim yang baik pula. Itulah kenapa komunikasi memiliki peranan penting dalam suatu bisnis.

Agar tidak sering terjadi miskomunikasi antar tim, setiap hari bisa diagendakan video meeting antar tim yang kerja dari rumah, tujuannya adalah untuk koordinasi antar satu dengan lainnya. Dan jika ada pertanyaan atau butuh bantuan tim lain bisa menghubungi langsung. Untuk membantu komunikasi tim yang baik Kami memiliki rekomendasi layanan whatsApp, facebook, aplikasi video call dan lain sebagainya untuk menjalin komunikasi antar tim

7. Tunjukan Komitmen pada Pelanggan

Saat wabah seperti sekarang ini walaupun dalam keadaan sulit, inilah waktu yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada bisnis Anda. Yakinkan kepada mereka bahwa bisnis Anda tetap survive untuk tetap bisa melayani semua kebutuhan pelanggan dengan baik.

8. Kemudahan Pembayaran

Pada saat wabah corona seperti sekarang ini, lebih disarankan untuk menggunakan pembayaran non tunai. Ini bertujuan agar tidak terjadi kontak yang bisa memicu penyebaran virus covid 19 semakin meluas. Selain itu efek yang ditimbulkan dari virus corona adalah banyak bisnis yang mengalami penurunan omzet penjualan.

9. Berikan Bantuan dan Insentif

Beberapa perusahaan memberikan bantuan dan insentif langsung kepada para pelanggannya yang terdampak virus corona. Ini memang berat dilakukan apalagi untuk bisnis yang baru dirintis. Beberapa contoh kebijakan yang bisa diambil seperti memberikan kupon gratis ongkir, memberikan potongan diskon untuk produk tertentu dan menyisihkan dari keuntungan untuk membantu para korban virus corona dan lain sebagainya

10. Tetap Komunikasi dengan Pelanggan

Yang terakhir agar bisnis bisa tetap survive saat wabah corona sekarang ini, Anda perlu menerapkan strategi komunikasi yang baik dengan pelanggan. Ada beberapa bisnis yang mengubah jadwal kerjanya entah itu diperpanjang atau malah dikurangi. Bila ada informasi seperti ini bisa dikomunikasikan dengan pelanggan bisa melalui media social, website atau layanan email.

Nah itulah pembahasan mengenai Cara Menjaga Bisnis Agar Survive Saat Wabah Covid-19 atau Virus Corona. Pastikan untuk masa-masa sekarang ini bisnis Anda lebih mudah ditemukan dengan adanya website, sosial media, marketplace, dan media online lain. karena akan banyak orang yang kerja dari rumah dengan menggunakan koneksi internet untuk mencari informasi secara online.

 

Comment (0)

Comment closed!